Selamat Datang di Nishae Poenya Blog

Jumat, 11 Januari 2013

Tips

Cara Menjadi guru Les yang Baik
Oleh: Nishae
Seorang guru harus memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi, karena jiwa kreatifitas disini akan mendorong dia untuk menemukan berbagai model pembelajaran baru yang cocok diterapkan di kelasnya. Dari jiwa ini ia akan mampu menemukan berbagai macam problem solving yang berhubungan dengan permasalahan siswa ketika berada di kelas, di sekolah, maupun di luar sekolah.  Kreatifitas ini akan membuat guru mampu menemukan cara mengajar yang baik, cara membuka kelas yang elegan, cara membuat dan melakukan assesmen yang praktis, cara memberikan tugas yang cantik namun tidak memberatkan, cara memimpin diskusi di kelas dan membuat anak-anak aktif menyampaikan ide mereka, cara memberikan reinforcemen pada anak, cara memberikan hukuman yang bijak dan banyak lagi lainnya. Kreatifitas yang dimiliki seorang guru akan membuat dia menjadi terlihat beda diantara guru yang lain, dan inilah yang akan membuat siswa selalu rindu untuk berjumpa dengan mata pelajarannya.

Meski demikian, sebenarnya tidak semua orang bisa menjadi guru les privat. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi guru privat yang baik. Bagi anda yang tertarik untuk menekuni dunia bimbingan belajar utamanya les privat, ada baiknya memeperhatikan beberapa hal dibawah ini:
1.     Pilihlah bidang study yang kita kuasai utamanya yang sesuai dengan latar belakang pendidikan anda.
2.    Bergabunglah dengan Lembaga Bimbingan Belajar yang dapat dipercaya dan terbukti bisa bekerja sama dengan anda secara jujur dan profesional.
3.    Pahami navigasi dan letak rumah siswa, supaya di pertemuan pertama Anda mengajar private tidak terlambat karena sibuk mencari-cari alamat rumah siswa.
4.    Disiplin dan selalu datang tepat waktu karena masih-masing orang itu mempunyai kepentinga sendiri-sendiri.
5.    Pakailah busana yang baik, rapi, sopan, wangi sesuai dengan budaya kita Indonesia.
6.    Selalu bersikap ramah dan sopan kepada semua orang
7.    Jika anda melanjutkan tugas guru privat yang lain, mintalah materi ke Lembaga Bimbingan Belajar tempat kita bernaung, sebelum kita mulai mengajar privat supaya kita tahu sampai dimana materi siswa saat ini.
8.    Kenalkan diri kita kepada anggota keluarga siswa didik kita.
9.    Perlakukan siswa kita seperti kita memperlakukanadik kita sendiri.
10.  Lakukan pendekatan personal diawal-awal kita mulai berkenalan dengan siswa baru agar suasana menjadi relax dan cair. Mulailah dengan bertanya tentang riwayat murid dll.
11.  Mengajar dengan tenang, santai tapi tetap menjaga kualitas.
12.  Jangan terlalu mendikte siswa, kenali kebutuhan siswa didik kita. Perlakukan siswa sebagai mitra belajar.
13.  Selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar